Berita dinas pendidikkan



Lingkungan Yang Kondusif Bagi Pendidikan Remaja
DBE 3 berupaya agar semakin banyak lingkungan yang kondusif untuk pendidikan sehingga kualitas pendidikan remaja mengalami peningkatan dan berkesinambungan. Hal ini dapat dicapai melalui peran aktif pelatih-pelatih inti di tingkat kabupaten, kolaborasi antara sekolah dan lembaga pendidikan non formal target dengan sektor swasta dan komunitasnya (LSM lokal, organisasi kemasyarakatan, dan orang tua) serta melalui replikasi pembelajaran terbaik DBE 3
  1. Kabupaten-kabupaten target mengintegrasi langkah-langkah yang mendukung kegiatan DBE 3 yang berkesinambungan
    • Membantu kesiapan pelatih-pelatih inti di tingkat kabupaten yang dapat membantu kabupaten tersebut meneruskan serta meningkatkan perkembangan maupun penggunaan silabus kecakapan hidup yang terintegrasi melalui pelatihan maupun kegiatan supervisi yang mereka lakukan
    • Membantu kabupaten atau provinsi target dalam mempersiapkan pelatih-pelatih yang akan membantu kabupaten meneruskan dan meningkatkan dukungan teknis dalam hal kecakapan hidup bagi pengelola lembaga pendidikan non formal melalui pelatihan maupun kegiatan supervisi yang mereka lakukan
    • Melakukan advokasi bersama komite DBE di tingkat kabupaten untuk mengalokasikan sumber daya yang dapat melanjutkan serta meningkatkan kegiatan DBE
  2. Memperkuat kemitraan antara pihak swasta, SMP dan lembaga pendidikan non formal dalam melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berhubungan dengan pengembangan kecakapan hidup remaja
    • Membantu mengembangkan kemitraan antara sektor publik dan swasta di tingkat kabupaten dengan meningkatkan relevansi maupun sumber daya pengembangan kecakapan hidup
    • Menciptakan kemitraan sektor publik dan swasta yang memajukan pendekatan-pendekatan DBE sehingga mengikutsertakan kegiatan maupun wilayah baru
  3. Pengetahuan dan ketrampilan untuk mereplikasi kegiatan DBE 3 secara terpusat dan di tingkat provinsi maupun kabupaten yang bukan wilayah DBE 3
    • Bekerja sama dengan Departemen Pendidikan untuk menciptakan pendekatan, cara-cara, dan kapasitas untuk mendukung implementasi kurikulum berbasis kompetensi (untuk SMP dan pengelola Paket B) dalam skala yang besar
    • Memfasilitasi pertukaran dan berbagi pembelajaran terbaik (best practices) seputar untuk meningkatkan implementasi kegiatan dan menghasilkan permintaan untuk kegiatan serupa.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar